Jenis-jenis Jaket

Hoodie
  • Hoodie
Jacket hoodie sebenarnya adalah model yang universal, bisa berupa zipper maupun jumpper, karena nama hoodie diambil dari kata hood yang berarti tudung. Hoodie biasa dipadu padankan dengan jaket maupun sweater, tapi bukan hal yang mengherankan bila masih ada jenis pakaian lain yang terdapat hoodie. Jadi, jaket hoodie adalah jaket yang memiliki tudung di bagian atasnya.

  • Zipper
Zipper
Jaket zipper dan hoodie bisa dibilang sama, bedanya hanya jenis jaket ini memiliki ‘kancing’ berupa resleting sehingga lebih mudah dalam memakai atau melepaskannya. Jaket zipper ini ada yang memiliki tudung kepala dan juga yang tidak dan biasanya jaket ini digunakan untuk santai atau dikombinasikan dengan kaos sehingga menjadi gaya tersendiri. 










  • Jumper
Jumper
Jaket jumper merupakan salah satu jenis jaket yang paling banyak terlihat di pasaran. model ini biasanya mengacu pada jaket yang tidak memiliki kancing/zipper sehingga kita harus memakainya layaknya kaos serta memiliki tudung kepala.












  • Varsity
Varsity
Jaket varsity atau baseball adalah jaket yang biasanya digunakan oleh pemain baseball. Namun seiring perkembangan jaman, banyak juga orang menggunakan jenis jaket ini agar penampilan lebih menarik. Ada ciri khusus pada jaket ini yaitu memiliki dua warna yang berbeda untuk lengan dan badan serta jaket ini biasanya memakai kancing. 










  • Jaket Kulit
Jaket Kulit
Jaket kulit terbuat dari bahan kulit. Jaket kulit asli tentu lebih mahal daripada jaket kulit tiruan, sehingga jenis jaket ini bisa terbilang eksklusif dan dapat membuat kita lebih bergaya mewah. Jaket kulit dapat menahan angin masuk sehingga banyak juga digunakan oleh para pengendara motor atau sepeda.










  • Blazer/Jas
Blazer/Jas
Blazer atau jas termasuk jenis jaket . Dikenal pertama kali saat para anggita Lady Margaret sebuah club dayung dari St John’s College, Cambridge mengenakannya. Ketika itu jas masih masih disebut mantel. Pada 1837, angkatan laut kerajaan inggris juga membuat seragam berupa jas pendek dan berkancing.









  • Jaket Motor
Jaket Motor
Jaket motor sebenarnya adalah jaket yang sama dengan jaket yang lainnya, hanya saja terdapat beberapa desain khusus yang ditambahkan agar membuat nyaman aman untuk digunakan pengendara motor.












  • Jaket Parasut
Jaket Parasut
Jaket parasut ini terbuat dari bahan seperti parasut sehingga kedap air. Jenis jaket ini bisa dipakai oleh pengendara motor ataupun digunakan para pecinta alam. Jaket dengan bahan parasut ini menyerap dingin pada bagian luarnya namun bagian dalamnya cukup hangat terutama bila bagian dalamnya terbuat dari bahan bulu atau katun.










Sweater
  • Sweater
Pada awalnya dikenal sebagai pakaian tenis dan golf di negara-negara musim dingin. Sweater lebih cepat menyerap keringat karena jenis rajutan dari benang katun. Di tahun 1930-1950 sweater mulai berkembang, tidak hanya sebagai pakaian hangat saja, tetapi juga sebagai pakaian pelengkap.






Sumber: disini

2 comments: